Cara Tepat Menggunakan Search Console Untuk Memaksimalkan SEO

Cara Tepat Menggunakan Search Console Untuk Memaksimalkan SEO


Search Console Untuk Memaksimalkan SEO

BLOG ORANG BALI - Pada artikel saya kali ini akan membahas tentang cara tepat menggunakan search console untuk memaksimalkan seo bagi situs anda.

Search Console adalah salah satu fitur yang diberikan oleh Google untuk para blogger agar situs miliknya dapat dikelola dengan baik dan bijak, pada awal diluncurkan google memberi nama fitur ini Alat Webmaster Google namun mulai tanggal 20 Mei 2015 google merubah namanya menjadi Google Search Console.

Dari segi SEO search console memiliki peranan yang sangat penting mengingat alat ini terintegrasi langsung dengan mesin pencari, alat ini jika digunakan dengan baik dan benar maka dapat memaksimalkan SEO terhadap suatu situs.

Baca Juga: MEMBANGUN BLOG DARI AWAL SUSAHKAH?


Terdapat suatu menu pada search console yang dapat anda manfaatkan untuk memaksimalkan SEO terhadap situs anda adalah menu perayapan,
Menu Perayapan
pada menu ini terdapat beberapa sub menu yaitu :

A. Kesalahan Perayapan.
B. Statistik Perayapan.
C. Ambil Sebagai Google.
D. Penguji Robots .txt.
E. Peta Situs.
F. Parameter URL.

Menu yang sangat berpengaruh adalah menu Peta Situs dan Ambil Sebagai Google karena menu - menu ini sangatlah vital dan sangat memberikan dampak secara langsung terhadap suatu situs di mesin pencari.

Namun untuk menggunakan menu ini dengan benar jarang blogger yang mengetahui, mereka cuma tahu menu - menu ini hanya untuk mensubmit url saja dan tidak mengetahui fungsi lain yang khusus.

Jika anda pernah membaca artikel blog luar negeri tentang webmaster maka anda akan mengetahui fungsi khusus dari fitur yang di sediakan oleh Google ini.

Dalam artikel blog luar negeri yang pernah saya baca mengatakan bahwa "Not only can you test how your site appears on different devices, you can also check that you aren’t blocking any resources that should be crawlable, and you can also submit the URLs you fetch and render to the index. You can do this for 500 single URLs a month, or 10 submissions per month if you choose to crawl a URL and its direct links."
Terjemahan :
"Anda tidak hanya dapat menguji bagaimana situs Anda muncul di perangkat yang berbeda, Anda juga dapat memeriksa apakah Anda tidak memblokir sumber daya apa pun yang harus dirayapi, dan Anda juga dapat mengirimkan URL yang Anda ambil dan render ke indeks. Anda dapat melakukan ini untuk 500 URL tunggal dalam sebulan, atau 10 kiriman per bulan jika Anda memilih untuk merayapi URL dan tautan langsungnya."

Dalam kutipan tersebut dapat kita simpulkan bahwa anda tidak diperbolehkan untuk memblokir sumber daya apapun, tentu saja hal ini sangatlah berdampak negatif.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa menu yang terdapat pada Sarch Console dan dapat anda manfaatkan untuk memaksimalkan SEO situs anda adalah menu Ambil sebagai google dan peta situs.

Kesimpulan : cara tepat menggunakan search console untuk memaksimalkan seo terhadap situs anda adalah dengan memanfaatkan beberapa menu yang terdapat pada alat ini dan yang sangat disarankan adalah menu Ambil Sebagai Google atau Fetch As dan Peta situs.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Tepat Menggunakan Search Console Untuk Memaksimalkan SEO"

Posting Komentar